About UGM
Library UGM
LPPM UGM
DAA UGM
FEB UGM
Webmail UGM
Webmail FEB
Indonesian
English
Faculty of Economics and Business
Economics and Business Research and Development Agency

Faculty of Economics and Business

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Visitors Counter

12078
TodayToday14
YesterdayYesterday101
This_WeekThis_Week207
This_MonthThis_Month1070
All_DaysAll_Days12078

Metoda Penelitian Prospektif untuk Mendeteksi Perilaku di Masa Depan

Metoda penelitian prospektif adalah metoda penelitian di mana data/informasi mengenai subyek penelitian tidak dapat diobservasi dan dimiliki oleh peneliti pada saat penelitian dilakukan. Berbeda dengan metoda penelitian retrospektif yang mengandalkan data historis, metoda penelitian prospektif mengandalkan informasi yang akan diperoleh sejalan dengan berjalannya penelitian dan berorientasi pada upaya untuk memprediksi perilaku subyek di masa depan.

Beberapa contoh pertanyaan yang tidak bisa dijawab dengan penelitian retrospektif, namun mungkin dijawab dengan menggunakan metoda penelitian prospektif adalah:

    Bagaimana perilaku masyarakat jika setiap mobil/bus/truk menggunakan mesin hybrid berbahan bakar BBM dan Gas?
    Bagaimana perilaku PNS jika sistem penggajian mereka diubah menjadi single salary system seperti yang berlaku di KPK?
    Bagaimana perilaku masyarakat jika server-based e-money diberlakukan sehingga transaksi bisa dilakukan dengan menggunakan pulsa HP?

Seperti diketahui bersama, berbagai contoh program di atas belum pernah berjalan di Indonesia. Namun demikian pemerintah sebagai otoritas perlu memprediksi bagaimana perilaku masyarakat terhadap semua program di atas. Hal ini bisa ditempuh dengan menggunakan metoda penelitian prospektif.

P2EB FEB UGM sejak lima tahun lalu telah mengembangkan metoda penelitian prospektif, tidak saja melibatkan pakar-pakar Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, namun juga melibatkan para pakar Psikologi, Sosiatri dan Antropologi.

Beberapa metoda yang digunakan dalam penelitian prospektif dan contoh hasil analisis yang telah dilakukan adalah sebagai berikut:

    Metoda eksperimen baik di laboratorium maupun di lapangan (field experiment)
    Modeling matematis, baik menggunakan decision theory maupun game theory, dll
    Zaltman’s Method Elicitation Technique (ZMET)
    Metoda cohort, dll.

 
   

Beberapa metoda yang digunakan dalam penelitian prospektif dan contoh hasil analisis yang telah dilakukan adalah sebagai berikut:

Metoda Experiment :









 Metoda Modeling Game Theory: