Bimbingan Teknis Aparatur Perencanaan dalam Rangka Penyusunan Anggaran Berbasis Kinerja Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah

 

kobar2web

Pada hari Rabu, 16 Maret 2016 hingga hari Rabu, 17 Maret 2016 Unit Penelitian dan Pelatihan Ekonomika dan Bisnis (P2EB) Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah menyelenggarakan Bimbingan Teknis Aparatur Perencanaan dalam Rangka Penyusunan Anggaran Berbasis Kinerja bertempat di kampus FEB UGM. Kegiatan ini diikuti oleh 55 orang peserta yang terdiri dari kepala bagian dan staff bagian perencanaan dari berbagai unit kerja dan dinas di Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah.

Cakupan materi pelatihan ini adalah overview penyusunan anggaran Pemerintah Daerah, analisis dan strategi penyusunan anggaran berbasis kinerja, penyusunan dan pelaporan serta pengukuran kinerja RKA SKPD.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah para peserta diharapkan dapat memahami  konsep dasar penyusunan anggaran Pemerintah Daerah dan struktur APBD dan analisis penyusunan anggaran berbasis kinerja. Peserta juga diharapkan dapat memahami analisis pelaporan dan pengukuran kinerja dalam RKA SKPD serta mampu menyusun program/kegiatan berbasis peningkatan IPM. Selain hal tersebut, peserta juga diharapkan dapat menyusun RKA SKPD dengan baik dan benar serta memahami kebijakan akuntansi beban dan belanja.

Kegiatan ini dibimbing oleh dosen-dosen FEB UGM dengan tingkat pendidikan professor dan doktor yang berkompeten di bidangnya seperti Dr. Eko Suwardi, M.Sc.,Akt., CMA, Mahfud Sholihin, M.Acc.,Ph.D., Prof. Dr. Bambang Riyanto L.S., M.B.A., Evi Noor Afifah, M.Ec., Ph.D, Dr. Ertambang Nahartyo, M.Sc., CMA.

Peserta menginap di salah satu hotel berbintang di pusat kota Yogyakarta. Selain melaksanakan kegiatan belajar, para peserta juga dapat menikmati suasana kota Yogyakarta yang kental akan budayanya sehingga kegiatan belajar terasa menyenangkan.