Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah Provinsi Kalimantan Selatan

 

hst1

Kabupaten Hulu Sungai Tengah Provinsi Kalimantan Selatan bekerja sama dengan Unit Penelitian dan Pelatihan Ekonomika dan Bisnis (P2EB) Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Univeritas Gadjah Mada (UGM), menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah pada 21-23 Maret 2016 bertempat di Kampus FEB UGM. Kegiatan Bimbingan Teknis ini merupakan upaya wujud nyata dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah Provinsi Kalimantan Selatan meningkatkan ketrampilan dan profesionalitas SDM dalam mengelola keuangan daerah sesuai dengan aturan dan kaidah hukum yang berlaku.

Kegiatan ini diikuti oleh 60 orang peserta yang terdiri dari bendaharawan serta staff pengelola keuangan daerah dari berbagai unit dan dinas di Kabupaten Hulu Sungai Tengah Provinsi Kalimantan Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metoda ceramah dan diskusi dengan menyajikan contoh kasus yang relevan. Cakupan materi pelatihan ini terdiri dari; konsep penatausahaan dan perbendaharaan keuangan daerah, sistem dan produsedur pengeluaran kas SKPD, pembukuan dan pelaporan penerimaan kas, pengeluaran kas SKPD, perpajakan untuk bendahara beserta aspek pemeriksaan bendaharawan, dan sistem pengendalian intern pemerintah.

Dengan dilaksanakannya kegiatan bimbingan teknis ini diharapkan akan meningkatkan kompetensi, pengetahuan, dan pemahaman atas pengelolaan keuangan daerah bagi pegawai Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Dengan demikian akan tercipta tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. Setelah mengikuti bimbingan teknis ini, diharapkan akan terjadinya peningkatan hasil opini audit BPK terhadap laporan keuangan pemerintah daerah serta meminimalisir terjadinya kesahalahan dalam pengelolaan keuangan daerah.