Bimbingan Teknis bagi Aparat Pengelola Barang Milik Daerah (BMD) Kabupaten Kotawaringin Barat

 

kobarweb

Bimbingan Teknis bagi Aparat Pengelola Barang Milik Daerah (BMD) Kabupaten Kotawaringin Barat
Demi terwujudnya sumber daya manusia yang unggul, Unit Penelitian dan Pelatihan Ekonomika dan Bisnis (P2EB) Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah, menyelenggarakan Bimbingan Teknis bagi Aparat Pengelola Barang Milik Daerah (BMD) dalam Rangka Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Akrual.
Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada Rabu, 2 Maret 2016 dan Kamis, 3 Maret 2016 bertempat di kampus FEB UGM.
Peserta kegiatan ini merupakan staff dari Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat yang bertugas mengelola aset milik daerah. Peserta berjumlah 46 orang yang berasal dari berbagai satuan maupun unit kerja di Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat
Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah para peserta diharapkan dapat memahami konsep dasar Akuntansi Pemerintahan, aset tetap dan depresiasi serta mampu menyusun laporan keuangan dengan baik dan benar. Selain hal tersebut, peserta juga diharapkan dapat menerapkan sistem penatausahaan Barang Milik Daerah serta dapat menyelenggarakan inventarisasi dan pelaporan Barang Milik Daerah.
Pelatihan ini dibimbing oleh dosen-dosen FEB UGM dengan tingkat pendidikan professor dan doktor yang berkompeten di bidangnya. Adapun para pemateri terdiri dari; Prof. Dr. Bambang Riyanto L.S., M.B.A., Prof. Dr. Slamet Sugiri, Akt.,M.B.A., Mahfud Sholihin, M.Acc.,Ph.D., dan Dr. Ertambang Nahartyo, M.Sc., CMA.
Dalam rangka menciptakan suasana yang efektif, nyaman dan aman untuk rangkaian proses Pelatihan, maka P2EB FEB UGM menyediakan berbagai fasilitas yang dapat digunakan oleh para peserta pelatihan. Berbagai fasilitas tersebut disediakan untuk menopang aktifitas pengembangan pembelajaran dan pengembangan diri selama pelatihan. Fasilitas tersebut meliputi:
Kurikulum, modul, tenaga pengajar dari kalangan akademisi, serta materi ujian untuk melakukan evaluasi atas proses pelatihan.
Paket perlengkapan pelatihan yang meliputi tas, souvenier, blocknote, ballpoint dan id card peserta.
Paket menginap di hotel berbintang dan transportasi bagi peserta.
Ruang kelas dengan berpendingin ruangan, meja yang nyaman, fasilitas audio, fasilitas presentasi, dan fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar yang memadai.
Refreshment, coffee break dan makan siang yang diberikan selama proses Pelatihan Klasikal berlangsung.
Ruang makan yang telah disiapkan khusus untuk memberikan keleluasaan dan kenyamanan bagi peserta pelatihan selama melakukan makan siang.
Akses terhadap pusat data ekonomi dan keuangan dari CEIC dan Bloomberg di FEB UGM yang dapat diakses dengan appointment dan pendampingan dari panitia.
Akses terhadap ribuan koleksi perpustakaan FEB UGM yang disiapkan dengan akses khusus yang akan disediakan oleh P2EB FEB UGM.
Akses Wi-Fi selama proses belajar mengajar dengan username dan password khusus yang telah disiapkan oleh Sistem Informasi FEB UGM.
Pelayanan dan pendampingan dari panitia pelaksana yang akan membantu memberikan informasi maupun solusi atas berbagai permasalahan yang mungkin timbul dari peserta pelatihan selama proses berlangsung.
Sebagai unit di bawah pengelola Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada (UGM) yang bertugas mengelola kegiatan penelitian dan pelatihan, P2EB FEB UGM siap melaksanakan berbagai kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas sumber daya manusia baik bagi pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun swasta.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai rencana kerjasama maupun program pelatihan lainnya silakan menghubungi sekretariat P2EB FEB UGM di nomor telepon 0274 548517 atau email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.